NEWS

Tessy mendapat kehormatan untuk menjadi partner dari Kemenristek-dikti

293 Views
6 months a go


Berita membanggakan kali ini datang dari kepercayaan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia atau disingkat Kemenristek Dikti.

Kementrian yang menggawangi seluruh pendidikan tinggi di Indonesia ini mempercayakan kepada Tessy fitur pendeteksi kemiripan karya ilmiah yang ada di aplikasi SIMLITABMAS atau sistem informasi penelitian dan pengabdian masyarakat. Untuk mengenal lebih dalam seperti apa sih kerja sama ini. Yuk kita bagi pembahasan kali ini menjadi beberapa bab.

Pertama, apa sih itu SIMLITABMAS.

Seperti kita ketahui kemenristek dikti memiliki cita cita di mana kedepannya jumlah riset yang ada di lingkungan pendidikan di Indonesia akan sama seperti di negara maju. Untuk mewujudkan cita cita itu Dikti mendorong agar seluruh dosen dan civitas akademika Indonesia yang ada di manapun untuk mengajukan penelitiannya ke dikti dan nantinya akan mendapatkan bantuan dana di bidang riset. Proposal riset ini lah yang dikumpulkan di aplikasi SIMLITABMAS ini. 

Kenapa kolaborasi ini penting bagi Kemenristek dikti dan Tessy.id?

Kolaborasi ini penting untuk kemenristek dikti karena proyek penelitian yang didanai oleh kementrian pendidikan ini sangatlah besar dan beragam. Ke absahan dan nilai keaslian dari riset ini sangat penting. Meskipun untuk mendapatkan dana riset melalui proses yang beragam namun tidak tertutup kemungkinan tindak copy paste dalam riset akan tetap ada. Oleh karena itu kemenristek dikti membutuhkan alat bantu yang dapat memfilter riset riset mana yang memiliki indikasi kemiripan.

Kerjasama ini juga sangat penting bagi Tessy, karena melalui kerja sama ini lah Tessy dapat mencoba teknologi API dari Tessy yang sedang dikembangkan. Teknologi API ini membuat Tessy tidak harus membangun aplikasi terpisah dari simlitabmas. Namun Tessy dapat berjalan secara back end pada setiap proses yang dilakukan di SIMLITABMAS. 

Apa tantangan dan rencana ke depan dari kerja sama ini. 

Tantangan terbesar dari kerjasama ini adalah mengintegrasikan API dari Tessy dengan arsitektur SIMLITABMAS. Kedua hal ini membutuhkan analisa dan uji coba yang mendalam. Oleh karena itu rencana ke dalam waktu dekat adalah memutakhirkan proses pemeriksaan kemiripan untuk file file yang sudah ada. Tantangan berikutnya adalah mengautomasi proses yang sebelumnya perlu di running secara manual. 

Demikian artikel kerja sama ini kami persembahkan. Apabila ada yang ingin ditanyakan jangan segan untuk mengirimkan email ke kami di tessy.idn@gmail.com, atau ke mbak Anggi selaku business developement person tessy di anggi@gamatechno.com.

 


comments powered by Disqus